Monday, December 7, 2009

Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Ubuntu 9.10 telah rilis pada tanggal 29 Oktober 2009 dengan nama kode Karmic Koala. Rilis ini adalah rilis ke-11 dari daftar rilis ubuntu.
Ada yang berbeda dari rilis kali ini, seolah olah ubuntu ingin menandingi Sistem Operasi Keluaran terbaru Microsoft yaitu Windows 7.
Ada beberapa fitur dalam Karmic Koala yang berubah jika dibandingkan dengan versi rilis sebelumnya, Seperti terdapat Splash Screen logo Ubuntu sepertin halnya yang terdapat pada windows 7.
Keunggulan Karmic Koala antara lain penggunaan Grub 2 sehingga booting lebih cepat, menggunakan kernel yang powerfull dan lain-lain.

Fitur-fitur yang terdapat pada Karmic Koala antara lain:
  1. Menggunakan Kernel 2.6.31.
  2. Menggunakan Desktop GNOME Versi 2.28.
  3. Emai dan Chat, Evolution masih menjadi bawaan Karmic Koala untuk desktop mengirim dan menerima email, sementara Empathy, menjadi bawaan untuk desktop chat, selain Pidgin yang tentunya masih ada di repository dan secara instant dapat diinstal melalui Ubuntu Software Center.
  4. Mozilla Firefox 3.5 menjadi browser bawaan, disamping masih ada banyak lainnya pada Ubuntu Software Center.
  5. F-Spot, masih menjadi bawaan asli untuk manajemen dan mengambil foto dari kamera atau handphone, masih juga memberikan kemudahan untuk terhubung dengan Flickr, Facebook, Picassa dan lainnya.
  6. Rythmbox music player, masih eksis untuk mendownload dan memanage payer musik seperti PSP, IPod dan MP3 player lainnya. Juga Stream dan memainkan video dari YouTube, BBC dan lainnya.
  7. Aplikasi Perkantoran atau Office dengan Open Office 3.1 yang kompatible dengan segala macam aplikasi termasuk Microsoft Office, bedanya software ini hanya gratis dan free digunakan dan dikopi kemana-mana.
  8. Games, tersedia dengan lebih dari 400 jenis game yang garits dan keren juga, bukan hanya solitaire yang sebenarnya menyedihkan itu, pilihan lainnya tentu saja tersedia pada Ubuntu Software Center
  9. Integrasi Ubuntu One layanan file sharing dari Canonical dan Ubuntu yang bebas biaya untuk storage 2 Giga, bisa disharing pula, jika masih kurang maka harus upgrade dan membayar, karena tentunya makan bandwith juga ya.
  10. Software Center, terbagi dalam kategori Pendidikan, Permainan, Suara dan Video, Grafis, Pemrograman dan Internet, caranya sangat mudah untuk menginstallnya, tanpa perlu CD, Lisensi namun tentunya harus terhubung ke Internet, semoga saja mereka (provider) malu untuk menaikkan keuntungan lebih tinggi lagi.
  11. Aksesibilitas dan bahasa sudah mendukung 23 bahasa dan semoga dengan komunitasnya berkembang dengan lebih cepat.

Ubuntu pun telah mengumumkan nama kode untuk rilis selanjutnya yaitu Ubuntu 10.04 LTS (Long Term Service) dengan nama kode Lucid Lynx yang rencananya akan dirilis pada tanggal 29 April 2010.

Kita tunggu apa kehebatan Ubuntu Selanjutnya...




No comments: